Contoh Laporan PKL ( Praktek Kerja Lapangan / SMK ) di Universitas



 
Kita-kita
                                                                           

                                                                            BAB 1          
PENDAHULUAN


1.1     Latar Belakang Pelaksanaan Praktek Indrustri

Laporan hasil praktik industri ini dilakukan karena dilatar belakangi oleh  ingin tahu bagaimana keadaan dunia usaha, seberapa besar kompetensi ataupun kemampuan siswa-siswi menerapkan pendidikan yang sudah dipelajari disekolah disekolah kedalam dunia usaha bahwasannya, kita tahu zaman sekarang dunia semakin canggih (moderen) dan banyak orang-orang menjadi pengangguran walaupun mereka lulus dari perguruan tinggi karena, mereka belum memiliki kompotensi siap kerja maka sekarang ini seluruh perusahaan-perusahaan 90% mencari siswa-siswi yang lulus dari SMK. karena lulusan SMK telah terbukti memiliki kemampuan yang tanggung atau siap kerja.

Karena SMK memiliki wujud kebijakan link and match, untuk melaksanakan praktik kerja industri (Prakerin). prakerin ini untuk menekankan aspek produktif yang dilaksanakan di dunia usaha atau indrustri,upaya ini dilakukan untuk meningkatkan mutu SMK Negeri 1 Menggala, untuk siswa-siswi yang akan lulus untuk langsung siap kerja dan memperluas memantapkan proses penyerapan teknologi baru dari lapangan kerja sekolah sedangkan aspek normatif dan adaptif hanya dipelajari disekolah saja diterapkan pada dunia usaha.

Keberhasilan pendidikan saat ini tidak saja diukur dari jumlah lulusan yang dihasilkan, tetapi  dilihat juga dari hasil laporan prakerin yang dilakukan baik secara kuantitas maupun kualitasnya. Penyusun laporan hasil prakerin guna dijadikan pedoman bagi kegiatan belajar-mengajar. hal ini untuk mempermudah mengambil langkah-langkah dalam peningkatan kualitas  kompotensi maha siswa-siswi dimasa yang akan datang.

1.2. Tujuan Pelaksanaan  Prakerin Industri


1.2.1. Tujuan Umum Praktik Indrustri.
       
·         Untuk mengetahui kompotensi dan keterampilan siswa-siswi dengan program keahliannya.
·         Untuk mengetahui bagaimana keadaan dan persaingan dunia usaha yang akan siswa-siswi hadapi untuk masa depan.
·         Untuk mempelajari apa yang dikerjakan di suatu prusahaan struktur organisasi, dan lain-lain
·         Untuk melatih  dan memberitahu bagaimana persaingan dalam dunia usaha.
·         Untuk memperluas dan memantapkan proses penyerapan program keahlian.
·         Untuk tahu seperti apa masalah-masalah yang ada dalam suatu perusahaan dan bagaimana menyelesaikan nya.


1.2.2. Tujuan Khusus Praktik Industri

·         Untuk mempererat tali silaturahmi kerjasama antara SMK Negeri 1 Menggala dengan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unila
·         Untuk melatih kemandirian dan rasa tanggung jawab.
·         Untuk mengatahui bagaimana siswa-siswi dalam berkomunikasi dan kerjasama dengan prusahaan lain. .
·         Untuk melatih siswa-siswi agar rajin dalam belajar disiplin dalam bekerja.
                                                                                               




1.2.3. Tujuan Pembuatan Laporan

·         Sebagai bahan Evaluasi mengikuti UN.
·         Untuk mengetahui hasil  prakerin siswa-siswi dan kegiatan yang dilakukan selama 3 bulan .
·         Untuk mengetahui seberapa kompetensi dan kemampuan siswa-siswi menerapkan materi-materi yang telah dipelajari disekolah lalu diperaktikan ditempat kerja.
·         Pembuatan laporan sebagai pedoman dalam kegiatan belajar-mengajar.


1.3   Sistematika Laporan


BAB 1  PENDAHULUAN

             1.1. Latar Belakang Pelaksanaan Praktik Industri
             1.2. Tujuan Pelaksanaan Praktik Industri
                    1.2.1. Tujuan Umum Praktik Industri
                    1.2.2. Tujuan Khusus Praktik Industri
                    1.2.3. Tujuan Pembuatan Laporan Praktik Industri
             1.3. Sistematika Laporan

BAB II  KEGIATAN PELAKSANAAN  PRAKTIK INDUSTRI
                                                                                                               
              2.1. Program Umum
                     2.1.1. Sejarah Singkat Ekonomi Unila
                     2.1.2. Manajemen Umum Ekonomi Unila
                               2.1.2.1. Struktur Organisasi
                               2.1.2.2. Uraian Pembagian Tugas
                               2.1.2.3. Hubungan Kerja Dengan PerusahaaLain
                               2.1.2.4. Sistem Penerimaan Tenaga Kerja dan                                                          
        Penggajian
                               2.1.2.5. Disiplin Kerja dan Proses Kerja
              2.2. Program Khusus
              2.3. Laporan Hasil Praktik


BAB III  PENUTUP

                3.1. Kesimpulan
                3.2. Saran

DAFTAR PUSTAKA

Lampiran – Lampiran


BAB II
KEGIATAN PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI



2.1  Program Umum

2.1.1  Sejarah Singkat Universitas Lampung


Pendirian perguruan tinggi didaerah keresidenan lampung timbul dari dua panitia yang lahir pada tahun 1959 yaitu panitia pendirian dan perluasan sekolah lanjutan (P3SL) di Tanjung Karang yang diketuai oleh : Zainal Abadin Pagar Alam, Sekretaris : Tjan Djit Soe . panitia persiapan pembentukan yayasan perguruan tinggi Lampung ( P3YTL) yang dibentuk dijakarta pada tanggal 20 agustus 1959. Diketuai oleh Nadir Sjah Zainal M.A dan sekretaris Hilma Hadi Kusuma .Pada tanggal 19 januari 1960, P3SL mengadakan musyawarah dengan tokoh - tokoh masyarakat Lampung untuk mempersiapkan berdirinya suatu perguruan tinggi. Pada waktu itu P3SL diganti menjadi P3SLF. Pada tanggal 19 juli 1960, sekretariat fakultas ekonomi hukum sosial (FEHS) Lampung dibuka di aula gedung sekolah bekas Hak Haw dijalan Hasanudin No.34 Teluk Betung, oleh Tiga maha siswa mewakili PESLF yaitu :
         1.  Hilman Hadi Kusuma
         2.  Alhusniduki hamim
         3.  Abdoel Moeis Radja Hukum
Pada tanggal 07 september 1960 diadakan pertemuan antara  P3SLF dengan P3YPTL kedua nya dilebur menjadi satu menjadi YPPLT ( yayasan pembina perguruan tinggi lampung ). Surat keputusan menteri perguruan tingi dan lmu pengetahuan  No.195 tahun 1965 yang menyatakan tanggal 23 september 1965 berdirinya Universitas Lampung yang memiliki dua fakultas yaitu:
1.  Fakultas Hukum
          2.  Fakultas Ekonomi

Kemudian dikukuhkanya melalui keputusan presiden RI No.73 tahun 1966 tentang pendirinan Universitas Lampung. pada tanggal 1967 berdirinya sebuah fakultas baru yaitu fakultas pertanian. Tanggal 16 maret 1973 secara resmi fakutas pertanian menjadi integral dalam wadah unila, Tanggal 05 juli 1968 berdirinya fakultas tehnik. Pada tahun akademik 1986-1987 dibuka program study (PS) Sosiologi dan ps ilmu pemerintahan dibawah naungan fakultas hukum. Untuk mengkoordinasikan pelaksanaan akademiknya dibentunya persiapan FISIP Surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan RI No.0333/O/1995 persiapan fisip resmi menjadi FISIP pada  tahun akademik 1989-1990 dibuka PS biologi dan PS kimia dibawah naungan fakultas pertanian. Untuk mengkoordinasi pelaksanaan dibentuknya persiapan matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA). Surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan RI No. 0334/4/1995 persiapan FMIPA resmi menjadi FMIPA.Pada tahun 2002-2003 dibuka program pendidikan dokter berdasarkan SK dikti No.3195/D/1/2013.

Macam-macam fakultas Universitas Lampung sebagai berikut:
         a.  Fakultas Hukum
         b.  Fakultas Ekonomi dan Bisnis
         c.  Fakultas Keguruan dan Pendidikan
         d.  Fakultas Pertanian
         e.  Fakultas Teknik
         f.  Fakultas FISIP
         g.  Fakultas Matematika dan IPA
         h.  Fakultas Kedokteran serta program pascasarjana.



A. Visi Universitas Lampung :

 
Menjadi Perguruan Tinggi Sepuluh Terbaik Di indonesia


Pencapaian tujuanya dengan cara :
1.      Pemerataan dan perluasan akses
2.      Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing
3.      Penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik

B. Misi Universitas Lampung :

  1. Mewujudkan penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi yang berkualitas.
  2. Mewujudkan budaya akademik yang kondusif dinamis dan moral
  3. Mewujudkan tata kelola organisasi Universitas Lampung yang baik wujud (Good University Governace).
  4. Mengwujudkan aksesibiliiti equitasn pendidikan tinggi
  5. Menjadi agen perubahan dan menjaga kebenaran dan keadilan begi kepentingan masyarakat.
  6. Mewujutkan kerja sama dengan berbagai pihak antara lain pemeritahan masarakat, dunia usaha, lembaga non pemerintah, dalam dan luar negaeri, yang saling menberi manfaat secara berkelanjutan.


Tata nilai Pengolahan Universitas Lampung
            b.  jujur
            c.  peduli
            d. displin
            e.  Tanggung jawab



2.1.2  Sejarah Singkat Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung

Fakultas Ekonomi bersama dengan Fakultas Hukum, didirikan pada tahun 1960. Kedua fakultas ini menjadi fakultas dalam Universitas Sriwijaya Cabang Lampung yang dipimpin oleh suatu koordinator dengan Ketua Zainal Abidin Pagar Alam, yang waktu itu menjabat Walikota Kota praja Tanjung Karang Telukbetung. Sekretaris Koordinator adalah Nadirsyah Zaini, M.A., sebagai Kepala Sekretariat partama adalah Hilman
Hadikusuma dan pejabat sementara (PJS) Wakil Kepala Sekretariat adalah Alhusniduki Hamim.
Pada awal tahun 1961, Fakultas Ekonomi Unsri Cabang Lampung dipimpin Drs. Moersalin sebagai Ketua Fakultas dan Nadirsyah Zaini, M.A. sebagai Sekretaris. Pada tahun 1962, Ketua Fakultas tetap dijabat oleh Drs. Moersalin dengan Pj. Sekretaris Drs. P. Sitohang. Pada tahun itu juga dibuka jurusan Ekonomi Umum dan Ekonomi Perusahaan yang diketuai Nadirsyah Zaini, M.A. dan Drs. Moersalin. Selanjutnya pada tahun 1963 diadakan lagi pergantian pimpinan karena masuknya Drs. Subki E. Harun seorang sarjana ekonomi lulusan Universitas Gajah Mada sebagai dosen tetap, sedangkan Drs. Moersalin pada saat itu adalah dosen luar biasa yang juga sebagai pimpinan Bank Sriwijaya Raya Cabang Teluk Betung.
Pada waktu itu Ketua Fakultas adalah Drs. Paul Sitohang dan Sekretaris Drs. Subki E. Harun Tanggal 23 September 1965 dengan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 195 berdirilah Universitas Lampung dengan Fakultas Ekonomi sebagai salah satu fakultasnya yang berasal dari Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya.




Cabang Lampung.Adapun dekan  fakultas ekonomi dan Bisnis :
1.      Drs.Paul Sitohang (1965-1975)
2.      Drs.Aris Panuju (1975-1978)
3.      Ahmad Ismail.S.E (1978-1982)
4.      Ibnu Hajar.S.E (1982-1985)
5.      Alhusniduki Hamim., S.E.,M.Sc (1985-1988)
6.      Syamsudin Ta.S.E., M.Sc (1988-1993)
7.      Dr.S.S.P.Pandjaitan., S.E.,M.Sc (1993-1996)
8.      Dr.M.Faddel Djauhar, S.E (1996-2003)
9.      Toto Gunarto., S.E.,M.Si (2003-2008)
10.  Prof.Satria Bangsawan, S.E.,M.Si (2008- sekarang)




A.  Visi Feb Unila
Menjadi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sepuluh Terbaik Di Indonesia tahun 2025
B.  Misi Feb Unila
1.      Membangun citra FEB Unila sebagai sepuluh Fakultas Ekonomi terbaik di
Indonesia.
2.      Menghasilkan lulusan dalam bidang ekonomi yang berkualitas sepuluh
Terbaik indonesia .
3.      Meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia (SDM) baik
dosen, karyawan, maupun mahasiswa.
4.      Mendorong kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada
masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat.
5.      Meningkatkan peran FEB Unila sebagai agen perubahan dibidang  
pembangunan ekonomi.
C.  Tujuan Feb Unila
Tujuan sebagai cermin cita-cita untuk mengimpelemintasikan misi tersebut dirumuskan tuntanan sebagai cermin cita-cita masa depan yaitu:
a.     Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan berdaya saing tinggi
b.    Menhasilkan karya pengabdiaan kepada masyarakat yang bermanfaat
c.       Menghasilkan produk penelitian yang menunjung pengembangan ilmu ekonomi
d.      Meningkatkan efesiensi dan efektifitas manajemen dan organisasi
e.       Meningkatkan ketersedi’an dan kapasitas dan sarana prasarana
f.       Meningkatkan kemampuaan pembiayaan yang mandiri 



2.1.2.1  Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
             Universitas  Lampung







           



2.1.2.2. Uraian Pembagian Tugas

A. Rincian Tugas Tata Usaha

    1.   Menyusun rencan dan bagian program kerja serta mempersiapkan
          penyusunnan  rencana kerja dan programkerja fakultas.      
    2.   Menyusun laporan bagian dan mempersiapkan penyusunan fakultas
    3.   Melaksanakn penyimpanan dokumen dan surat yang berhubungan dengan
          kegiatan Fakultas .
    4.   Melaksanakan administrasi perencanaan dan pelayanan informasi
    5.   Melaksanakan pemantau dan evaluasi kegiatan di lingkungan fakultas
    6.   Melaksanakan administrasi kemahasiswaan dan hubungan alumni Fakultas
    7.   Melaksanakan adminitrasi pendidikan,penelitian,dan pengabdian kepada
          masyarakat
    8.   Melaksanakan urusan pengelolaan keuangan .
    9.   Melakukan urusan pengelolaan barang perlengkapan
    10. Melakukan urusan dinas upacara resmi di lingkungan fakultas ekonomi &
          Bisnis
    11. Melaksnakan urusan rumah tangga fakultas .
    12. Melaksanakan persuratan dan kearsipan Fakultas
    13. Mengumpulkan dan mengelola serta menganalisis data ketatausahaan, 
          Akademik, dan Kemahasisiwaan.










B. Rincian Tugas Bagian Pendidikan

1.       Menghimpun dan mengkaji peraturan perundang undangan di  Bidang   
 akademik
     2.    Menyusun rencana dan program kerja sub bagian dan mempersiapkan
            Penyusunan rencana dan program masyarakat
     3.    Melakukan penyusunan jadwal kuliah,praktikum, dan pelaksanakan ujian
     4.    Mengumpulkan, mengelola , dan menganalisis data dibidang pebdidikan
            dan pengabdian kepada masyarakat.
     5.    Melakukan Administrasi perkuliahhan ,praktikum dan pelaksnaan ujian
     7.    Menghimpun dan mengklafikasikan data pencapaian target kurikulum .
     8.    Melakukan urusan kegiatan pertemuan ilmiah dilingkungan Fakultas
     9.    Menyusun laporan sub bagian dan persiapan  penyusunan bagian

C. Rincian Tugas Bagian Umum Dan Perlengkapan

     1.    Menyusun rencana dan program keraja sub bagian
     2.    Mengumpulkan ,mengelola,dan menganalisis data ketatausahaan ,kerumag
            Tanggaan , dan perlengkapan.
     3.    Menghimpun data mengkaji peraturan-peraturan undang undang dibidang
            Ketatausahaan ,kerumah tanggaan dan perlengkapan.
     4.    Melakukan pemeliharaan dan kebersihan, ,dan keamana lingkungan
     6.    Melakukan urusan penerimaan tamu pimpinan
     7.    Mempersiapkam sarana pelaksanaan rapat dinas, upacara danPertemuan
            dilingkungan Fakultas.
     8.    Melakukan urusan pengelola barang perlengkapan.
     9.    Melakukan penyusunan instrument kegiatan ketatausahaan
            Dan perlengkapan.
     10.  Melakukan penyiapan dokumen dan surat di bidang ketatausahaan
            Kerumah tangga’an dan perlengkapan.
     11.  Meyusun rancangan program pada perlengkapan
     12 . Menyusun laporan sub bagian tata usaha. 
D. Rincian Tugas Bagian Keuangan Dan Kepegawaian

1.      Meyusun rancana dan program kerja
2.      Menghimpun dan mengkaji peraturan perundang-undang di bidang keuangan dan kepegawaiyan
3.      Mengumpulkan penerima peyimpanan, pengeluaran, pembukuan, dan pertanggung jawaban keuangan
4.      Melakukan peneriman peyimpanan, tunjang ikatan dinas, lembur, vakasi perjalanan dinas, pekerjaan borongan pembelian
5.      Mempersiapkan usulan formasi pegawai
6.      Mempersiapkan usulan mutasi,  pengembangan dan  kesejahteraan pegawai
7.      Mempersiapkan usulan pengangkatan dosen luar biasa
8.      Mempersiapkan usulan pemberian cuti pegawai
9.      Mempersiapkan usulan pemberi penghargaan pegawai
10.  Melakukan Laporan sub bagian
11.  Melakukan urusan peyelesain kasus pegawai

E. Rincian Tugas bagian kemahasiswaan

1.      Melakukan penyimpanan dokumen dan surat di bidang kemahasiswaan .
2.      Melakukan penyajian informasi di bidang kemahasiswaan
3.      Melakukan pemantaua’an pelaksaan kegiatan pembina’an kemahasiswa’an
4.      Melakukan pengurusan besiswa,pembinaan karir, dan layanan kesahteraan mahasiswa
5.      Melakukan administrasi kegiatan kemahasiswaan
6.      Melakukan kegiatan persiapan mahasiswa
7.      Mempersipkan usulan pemilihan mahasiswa berprestasi
8.      Mengumpulkan, mengelola dan menganalisis data dibidang kemahasiswa’an dan alumni.


2.1.2.3 Hubungan Kerja dengan Perusahaan lain


Tidak ada karena FEB UNILA adalah sebuah Fakultas pendidikan lanjutan, dan FEB UNILA subbag cabangan dari Rektorat.Rektorat itu adalah induk dari Fakultas-Fakultas yang ada di Uiversitas Lampung salah satunya FEB UNILA.

2.1.2.4 Sistem Penerimaan Tenaga Kerja dan Pengajian

            Sistem Penerimaan Tenaga Kerja FEB UNILA
1.      Pertama Mengikuti TES tertulis .
2.      Tes interview atau wawancara yaitu :
-Interview tertulis
-Interview lisan
3.      Tes melalui computer
4.      Pengumuman lewat media cetak lampung post dan lain-lain.
Sistem Pengajian
1.      Melalui bendahara rektorat UNILA.
2.      Berdasarkan pangkat dan golongan.
















2.1.2.5 Disiplin Kerja dan Proses Kerja

A. Disiplin Kerja

Seluruh karyawan FEB UNILA wajib mengikuti disiplin kerja yang diatur dengan tata tertib dan tidak boleh menyimpan atau melanggar dari peraturan  yang telah ditetapkan olrh department pendidikan dan kebudaya’an RI atau jam kerja yang ditentukan Rektorat UNILA yang telah diterapkan adalah sebagai berikut :


1.      Hari senin s/d kamis
Masuk Kerja : pukul 07.30 s/d 16.00 WIB
Istirahat         :pukul 12.00 s/d 13.00 WIB
2.      Hari jum’at
Masuk kerja  : pukul 07.30 s/d 16.00
Setiap hari jum’at sebelum masuk kerja seluruh pegawai FEB UNILA selalu mengadakan kerja bakti / bersih-bersih bersama-sama.
3.      Hari sabtu dan minggu serta hari-hari besar lain nya libur.


B. Proses Kerja

Kantor fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Lampung yang mempunyai garis struktur Horizontal dan Vertikal mempunyai Kegiatan Pada dasar nya berawal pada kegiatan surat Menyurat yang di datangi oleh subbagian Umum dan Menggunakan metode arsip dinamis.





C. Proses Surat Masuk

Proses surat masuk yang diterima  oleh subbagian umum lalu digolongkan menjadi surat biasa,penting rahasia dan surat pribadi untuk diteruskan ke unit-unit lainya.

D. Proses Surat Keluar

Setelah sebuah surat yang diterima subagian umum ke pengolah baik surat penting maupun surat-surat biasa maka kepala bidang akan memproses sesuai dengan isi dari surat tersebut petunjuk disposisi kasubbag sedangkan untuk surat biasa pada umumnya isi atau tidak mengkilat dan tidak memerlukan tanggapan atau lanjut setelah diketahui oleh subbag masing-masing.



















2.2 Program Khusus

A. Pengertian Jaringan       

Pengertian dari Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. media jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti dokumen dan data, dapat juga melakukan pencetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node. Dalam sebuah jaringan komputer dapat mempunyai dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
Tujuan dari jaringan komputer adalah:
1 .Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU,
    memori, Hardiskk.
2. Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
3. Akses informasi: contohnya web browsing

B. Topologi Jaringan
Topologi jaringan  adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station.

Terdapat 6 jenis topologi yaitu :

1  Bus
2. Ring
3. Star
4. Extended Star
5. hierarchical topologi
6. Mes
Setiap topologi memuliki karakteristik yang berdeda-beda dan masing-masing juga memiliki keuntungan dan kerugian. Topologi tidak tergantung kepada medianya dan setiap topologi biasanya menggunakan media sebagai berikut.

1.      Twisted Pair
2.      Coaxial Cable
3.      Optical Cable
4.      Wireless
























2.3. Laporan Hasil Praktek

Kegiatan yang saya lakukan selama 3 bulan praktek di FEB  UNILA dibagian  Umum dan Perlengkapan adalah  membantu apa yang dikerjakan dan dilakukan  oleh karyawan umum dan perlengkapan  seperti :
1.      Menyusun rencana dan program kerja subbagian
2.      Mengumpulkan ,mengelola,dan menganalisis data ketatausahaan ,
Kerumah Tanggaan , dan perlengkapan.
3.         Menghimpun data mengkaji peraturan-peraturan undang undang dibidang
4.      Ketatausahaan ,kerumah tanggaan dan perlengkapan.
5.      Melakukan,pemeliharaan kebersihan,keindahan,keamanan lingkungan
6.      Melakukan pemeliharaan ,kebersihan,keindahan,dan keamanan            
  dilingkungan
7.      Melakukan urusan penerimaan tamu pimpinan
8.         Mempersiapkam,sarana pelaksanaan rapat dinas, upacara resmi, Ilmiah dilingkungan Fakultas.
9.         Melakukan urusan pengelola barang perlengkapan.
10.     Melakukan,penyusunan instrument kegiatan ketatausahaan,kerumah
11.     Tangga;an Dan perlengkapan.
12.     Melakukan penyiapan dokumen dan surat di bidang ketatausaha’a
13.     Kerumah tangga;an dan perlengkapan
14.     Meyusun rancangan program pada perlengkapan
15.     Menyusun laporan sub bagian tata usaha.
16.     Mengolah surat masuk dan keluar
17.     Mengarsipkan surat masuk .keluar toefl,penelitian,sk dekan dll
18.     Mengecap surat masuk ,toefel dll





BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan

Praktik industri (PI) merupakan salah satu pola penyelenggaraan pendidikan sistem ganda (PSG), yang si laksanakan secara bersama-sama antara Smk dengan industri atau asosiasi profesi sebagai pasangan kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga tahap akhir rdan sertivikat yang merupakan satu kesatuan program.Manfaat praktik industri (PI) bagi penyusun sangat banyak, mendapatkan pengetahuan tentang dunia industri.
Setelah melaksanakan kegitan praktik kerja industri (PI) penyusun dapat mengetahui bermacam-macam tentang informasi dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan dapat menganalisis secara ekonomis dari apa yang telah di laksanakan dan di ketahui.Prakerin ini membutuhkan tahapan dan skala prioritas yang akan menjadi agenda dalam rancangan pendidikan,tahapan dan skala prioritas yang di tetapkan mencerminkan adanya permasalahan yang harus di selesaikan ,tanpa mengabaikan masalah lain.Perlu kita pahami pendidikan adalah suatu usaha yang telah terencana dan tersusun untuk mewujudkan Susana belajar dan proses pembelajaran, agar peserta didik secara aktif mengembangkan kompotesi dirinya
Tujua’an siswa-siswi berpendidikan adalah untuk mengejar cita-cita dan belajar apa yang belum diajarkan oleh orang tua mereka.dikarenakanitu,pendidikan  itu sangat penting dan untuk menambah wawasan dan untuk mencapai tujua’an tersebut maka SMK Negeri 1 Meggala melakukan kegiatan yang namanya  prakerin ( praktek kerja industri) supaya siswa-siswi dapat mengetahui seberapa kemampuan dan kompotensi diri mereka masing-masing dalam keahlian yang mereka pilih menghadapi masa depan yang penuh persaingan globalisasi (teknologi) yang semakin canggih

3.2. Saran      
         
A. Saran Untuk Sekolah

Sehubungan Dengan Praktik Kerja Industri ( Prakerin ), maka penulis akan memberi saran yang mungkin dapat di pertimbangkan dan di laksanakan oleh Pihak Sekolah.
     Adapun Saran-saran yang akan penulis sampaikan :

·                    Kepada pihak sekolah agar lebih memperhatikan siswa yang sedang melaksanakan praktik kerja industry
·                    Kepala sekolah agar mengatur jadwal  untuk mengunjungi siswa yang
Sedang yang melakukan paraktek kerja industry.  
·                    Sekolah hendaknya memberikan penjelasan terlebih dahulu sebelum
Melaksanakan prakerin.
B. Saran Untuk FEB

Sehubungan Dengan Praktik Kerja Idustri (Prakerin), maka penulis akan memberikan saran yang mungkin dapat di petimbangkan dan dilaksanakan oleh FEB UNILA.

Adapun Saran-saran yang akan penulis sampaikan :

·           Semoga dengan berdirinya UNILA membuka kesempatan bagi mahasiswa
Untuk meningkatkan keahlian masing-masing.    
·           Bagi pihak perusahaan yang dimana tempat siswa-siswi praktik kerja industri hendaknya memberikan pengarahan dan bimbingan kepada siswa-siswi karena, siswa-siswi masih lagi dalam proses belajar.dan semoga FEB unila selalu sukses dan visi,misi yang dituju dapat tercapai.


C. Saran Untuk Adik-Adik
     
·           Bagi siswa-siswi yang melaksanakan Praktik harus mampu Bertanggung
Jawab atas apa yang telah dikerjakan tugas-tugas yang diberikan dan mengikuti seluruh peraturan yang ada ditempat kerja,jadikanlah semua kegiatan yang pernah dilakukan dalam praktik menjadi pengalaman kerja.




DAFTAR PUSTAKA

Unila. 2013. Panduan penyelengaraan program sarjana dan diploma   
          ekonomi Unila.Universitas Lampung Bandar Lampung.
Unila. 2013. Panduan Umum Unila. Universitas Lampung .
          Bandar Lampung.
Panitia prakerin. 2013. Panduan praktik kerja industry. SMK N 1
          Menggala. Tulang Bawang.























































Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Comments System

Disqus Shortname