BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Pelaksanaan Praktek
Indrustri
Laporan hasil praktik industri ini dilakukan
karena dilatar belakangi oleh ingin tahu
bagaimana keadaan dunia usaha, seberapa besar kompetensi
ataupun kemampuan siswa-siswi menerapkan pendidikan yang sudah dipelajari
disekolah disekolah kedalam dunia usaha bahwasannya,
kita tahu zaman sekarang dunia semakin canggih (moderen) dan banyak orang-orang
menjadi pengangguran walaupun mereka lulus dari perguruan tinggi karena, mereka
belum memiliki kompotensi siap kerja maka sekarang ini seluruh
perusahaan-perusahaan 90% mencari siswa-siswi yang lulus dari SMK. karena
lulusan SMK telah terbukti memiliki kemampuan yang tanggung atau siap kerja.
Karena SMK memiliki wujud kebijakan link and match,
untuk melaksanakan praktik kerja industri (Prakerin). prakerin ini untuk
menekankan aspek produktif yang dilaksanakan di dunia usaha atau indrustri,upaya ini dilakukan untuk meningkatkan mutu SMK Negeri 1 Menggala, untuk
siswa-siswi yang akan lulus untuk langsung siap kerja dan memperluas memantapkan
proses penyerapan teknologi baru dari lapangan kerja sekolah sedangkan
aspek normatif dan adaptif hanya dipelajari disekolah saja diterapkan pada
dunia usaha.
Keberhasilan pendidikan saat ini tidak saja diukur
dari jumlah lulusan yang dihasilkan, tetapi
dilihat juga dari hasil laporan prakerin yang dilakukan baik secara
kuantitas maupun kualitasnya. Penyusun laporan hasil prakerin guna dijadikan
pedoman bagi kegiatan belajar-mengajar. hal
ini untuk mempermudah mengambil langkah-langkah dalam peningkatan kualitas kompotensi maha siswa-siswi dimasa yang akan
datang.
1.2. Tujuan Pelaksanaan Prakerin Industri
1.2.1. Tujuan Umum Praktik Indrustri.
·
Untuk
mengetahui kompotensi dan keterampilan siswa-siswi dengan program keahliannya.
·
Untuk
mengetahui bagaimana keadaan dan persaingan dunia usaha yang akan siswa-siswi
hadapi untuk masa depan.
·
Untuk
mempelajari apa yang dikerjakan di suatu prusahaan struktur organisasi, dan
lain-lain
·
Untuk
melatih dan memberitahu bagaimana
persaingan dalam dunia usaha.
·
Untuk
memperluas dan memantapkan proses penyerapan program keahlian.
·
Untuk tahu
seperti apa masalah-masalah yang ada dalam suatu perusahaan dan bagaimana
menyelesaikan nya.
1.2.2. Tujuan Khusus Praktik Industri
·
Untuk
mempererat tali silaturahmi kerjasama antara SMK Negeri 1
Menggala dengan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unila
·
Untuk melatih
kemandirian dan rasa tanggung jawab.
·
Untuk
mengatahui bagaimana siswa-siswi dalam berkomunikasi dan kerjasama dengan
prusahaan lain. .
·
Untuk melatih
siswa-siswi agar rajin dalam belajar disiplin dalam bekerja.
1.2.3. Tujuan Pembuatan Laporan
·
Sebagai bahan
Evaluasi mengikuti UN.
·
Untuk
mengetahui hasil prakerin siswa-siswi
dan kegiatan yang dilakukan selama 3 bulan .
·
Untuk
mengetahui seberapa kompetensi dan kemampuan siswa-siswi menerapkan
materi-materi yang telah dipelajari disekolah lalu diperaktikan ditempat kerja.
·
Pembuatan
laporan sebagai pedoman dalam kegiatan belajar-mengajar.
1.3
Sistematika
Laporan
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Pelaksanaan Praktik Industri
1.2.
Tujuan Pelaksanaan Praktik Industri
1.2.1. Tujuan Umum Praktik Industri
1.2.2. Tujuan Khusus Praktik Industri
1.2.3. Tujuan Pembuatan Laporan Praktik Industri
1.3.
Sistematika Laporan
BAB II KEGIATAN PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI
2.1. Program Umum
2.1.1. Sejarah Singkat Ekonomi Unila
2.1.2. Manajemen Umum Ekonomi Unila
2.1.2.1. Struktur Organisasi
2.1.2.2. Uraian Pembagian Tugas
2.1.2.3. Hubungan Kerja Dengan
PerusahaaLain
2.1.2.4. Sistem Penerimaan Tenaga Kerja dan
Penggajian
2.1.2.5. Disiplin Kerja dan Proses
Kerja
2.2. Program Khusus
2.3. Laporan Hasil
Praktik
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
3.2. Saran
DAFTAR PUSTAKA
Lampiran – Lampiran
BAB II
KEGIATAN PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI
2.1 Program
Umum
2.1.1 Sejarah Singkat Universitas Lampung
Pendirian perguruan tinggi didaerah keresidenan
lampung timbul dari dua panitia yang lahir pada tahun 1959 yaitu panitia
pendirian dan perluasan sekolah lanjutan (P3SL) di Tanjung
Karang yang diketuai oleh : Zainal Abadin Pagar
Alam, Sekretaris : Tjan Djit Soe . panitia persiapan
pembentukan yayasan perguruan tinggi Lampung ( P3YTL) yang dibentuk
dijakarta pada tanggal 20 agustus 1959. Diketuai oleh Nadir Sjah Zainal M.A
dan sekretaris Hilma Hadi Kusuma .Pada tanggal 19 januari 1960, P3SL mengadakan
musyawarah dengan tokoh -
tokoh masyarakat Lampung untuk mempersiapkan berdirinya suatu perguruan tinggi. Pada waktu
itu P3SL diganti menjadi P3SLF. Pada tanggal 19 juli 1960, sekretariat fakultas
ekonomi hukum sosial
(FEHS) Lampung dibuka di aula gedung sekolah bekas Hak Haw dijalan Hasanudin
No.34 Teluk Betung, oleh Tiga maha siswa mewakili PESLF yaitu :
1. Hilman
Hadi Kusuma
2. Alhusniduki
hamim
3. Abdoel
Moeis Radja Hukum
Pada tanggal 07 september 1960 diadakan pertemuan
antara P3SLF dengan P3YPTL kedua nya
dilebur menjadi satu menjadi YPPLT ( yayasan pembina perguruan tinggi lampung
). Surat keputusan menteri perguruan tingi dan lmu pengetahuan No.195 tahun 1965 yang menyatakan tanggal 23
september 1965 berdirinya Universitas Lampung yang memiliki dua fakultas yaitu:
1.
Fakultas Hukum
2. Fakultas
Ekonomi
Kemudian dikukuhkanya melalui keputusan presiden
RI No.73 tahun 1966 tentang pendirinan Universitas
Lampung. pada tanggal 1967 berdirinya sebuah
fakultas baru yaitu fakultas pertanian. Tanggal 16 maret
1973 secara resmi fakutas pertanian menjadi integral dalam wadah unila, Tanggal 05 juli 1968
berdirinya fakultas tehnik. Pada tahun akademik 1986-1987 dibuka program study
(PS) Sosiologi dan ps ilmu pemerintahan dibawah naungan fakultas hukum. Untuk
mengkoordinasikan pelaksanaan akademiknya dibentunya persiapan FISIP Surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan
RI No.0333/O/1995 persiapan fisip resmi menjadi FISIP pada tahun akademik 1989-1990 dibuka PS biologi
dan PS kimia dibawah naungan fakultas pertanian. Untuk mengkoordinasi
pelaksanaan dibentuknya persiapan matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA). Surat keputusan menteri pendidikan
dan kebudayaan RI No. 0334/4/1995 persiapan FMIPA resmi menjadi FMIPA.Pada
tahun 2002-2003 dibuka program pendidikan dokter berdasarkan SK dikti
No.3195/D/1/2013.
Macam-macam fakultas Universitas Lampung sebagai berikut:
a. Fakultas
Hukum
b. Fakultas
Ekonomi dan Bisnis
c. Fakultas
Keguruan dan Pendidikan
d. Fakultas
Pertanian
e. Fakultas
Teknik
f. Fakultas
FISIP
g. Fakultas
Matematika dan IPA
h. Fakultas
Kedokteran serta program pascasarjana.
A. Visi Universitas Lampung :
Menjadi Perguruan Tinggi Sepuluh Terbaik Di indonesia
Pencapaian tujuanya dengan cara :
1.
Pemerataan dan perluasan akses
2. Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing
3.
Penguatan
tata kelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik
B. Misi
Universitas Lampung :
- Mewujudkan penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi yang berkualitas.
- Mewujudkan budaya akademik yang kondusif dinamis dan moral
- Mewujudkan tata kelola organisasi Universitas Lampung yang baik wujud (Good University Governace).
- Mengwujudkan aksesibiliiti equitasn pendidikan tinggi
- Menjadi agen perubahan dan menjaga kebenaran dan keadilan begi kepentingan masyarakat.
- Mewujutkan kerja sama dengan berbagai pihak antara lain pemeritahan masarakat, dunia usaha, lembaga non pemerintah, dalam dan luar negaeri, yang saling menberi manfaat secara berkelanjutan.
Tata nilai Pengolahan Universitas Lampung
b. jujur
c. peduli
d. displin
e. Tanggung jawab
2.1.2 Sejarah Singkat Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas
Lampung
Fakultas Ekonomi bersama dengan
Fakultas Hukum, didirikan pada tahun 1960. Kedua fakultas ini menjadi fakultas
dalam Universitas Sriwijaya Cabang Lampung yang dipimpin oleh suatu koordinator
dengan Ketua Zainal Abidin Pagar Alam, yang waktu itu menjabat Walikota Kota praja
Tanjung Karang Telukbetung. Sekretaris Koordinator adalah Nadirsyah Zaini,
M.A., sebagai Kepala Sekretariat partama adalah Hilman
Hadikusuma dan pejabat sementara (PJS)
Wakil Kepala Sekretariat adalah Alhusniduki Hamim.
Pada awal tahun 1961, Fakultas Ekonomi Unsri Cabang Lampung dipimpin
Drs. Moersalin sebagai Ketua Fakultas dan Nadirsyah Zaini, M.A. sebagai Sekretaris.
Pada tahun 1962, Ketua Fakultas tetap dijabat oleh Drs. Moersalin dengan Pj.
Sekretaris Drs. P. Sitohang. Pada tahun itu juga dibuka jurusan Ekonomi Umum
dan Ekonomi Perusahaan yang diketuai Nadirsyah Zaini, M.A. dan Drs. Moersalin.
Selanjutnya pada tahun 1963 diadakan lagi pergantian pimpinan karena masuknya
Drs. Subki E. Harun seorang sarjana ekonomi lulusan Universitas Gajah Mada
sebagai dosen tetap, sedangkan Drs. Moersalin pada saat itu adalah dosen luar
biasa yang juga sebagai pimpinan Bank Sriwijaya Raya Cabang Teluk Betung.
Pada waktu itu Ketua Fakultas adalah Drs. Paul Sitohang dan Sekretaris
Drs. Subki E. Harun Tanggal 23 September 1965 dengan Surat Keputusan Menteri
Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 195 berdirilah Universitas Lampung
dengan Fakultas Ekonomi sebagai salah satu fakultasnya yang berasal dari
Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya.
Cabang Lampung.Adapun dekan
fakultas ekonomi dan Bisnis :
1. Drs.Paul Sitohang (1965-1975)
2. Drs.Aris Panuju (1975-1978)
3. Ahmad Ismail.S.E
(1978-1982)
4. Ibnu Hajar.S.E (1982-1985)
5. Alhusniduki Hamim., S.E.,M.Sc
(1985-1988)
6. Syamsudin Ta.S.E., M.Sc
(1988-1993)
7. Dr.S.S.P.Pandjaitan., S.E.,M.Sc
(1993-1996)
8. Dr.M.Faddel Djauhar, S.E
(1996-2003)
9. Toto Gunarto., S.E.,M.Si
(2003-2008)
10. Prof.Satria Bangsawan, S.E.,M.Si
(2008- sekarang)
A. Visi Feb Unila
Menjadi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sepuluh Terbaik Di Indonesia
tahun 2025
B. Misi Feb Unila
1.
Membangun citra FEB Unila
sebagai sepuluh Fakultas Ekonomi terbaik di
Indonesia.
2.
Menghasilkan lulusan dalam
bidang ekonomi yang berkualitas sepuluh
Terbaik indonesia .
3.
Meningkatkan kualitas dan daya
saing sumber daya manusia (SDM) baik
dosen, karyawan,
maupun mahasiswa.
4.
Mendorong kegiatan pendidikan,
penelitian dan pengabdian kepada
masyarakat yang
bermanfaat bagi masyarakat.
5.
Meningkatkan peran FEB Unila
sebagai agen perubahan dibidang
pembangunan ekonomi.
C. Tujuan Feb Unila
Tujuan sebagai cermin cita-cita
untuk mengimpelemintasikan misi tersebut dirumuskan tuntanan sebagai cermin
cita-cita masa depan yaitu:
a.
Menghasilkan lulusan yang
memiliki kompetensi dan berdaya saing tinggi
b.
Menhasilkan karya pengabdiaan kepada
masyarakat yang bermanfaat
c.
Menghasilkan produk penelitian
yang menunjung pengembangan ilmu ekonomi
d.
Meningkatkan efesiensi dan
efektifitas manajemen dan organisasi
e.
Meningkatkan ketersedi’an dan
kapasitas dan sarana prasarana
f.
Meningkatkan kemampuaan
pembiayaan yang mandiri
2.1.2.1 Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Dan
Bisnis
Universitas Lampung
2.1.2.2. Uraian Pembagian Tugas
A. Rincian Tugas Tata Usaha
1. Menyusun rencan dan bagian program kerja
serta mempersiapkan
penyusunnan
rencana kerja dan programkerja fakultas.
2. Menyusun
laporan bagian dan mempersiapkan penyusunan fakultas
3. Melaksanakn
penyimpanan dokumen dan surat yang berhubungan dengan
kegiatan Fakultas .
4. Melaksanakan
administrasi perencanaan dan pelayanan informasi
5. Melaksanakan
pemantau dan evaluasi kegiatan di lingkungan fakultas
6. Melaksanakan
administrasi kemahasiswaan dan hubungan alumni Fakultas
7. Melaksanakan
adminitrasi pendidikan,penelitian,dan pengabdian kepada
masyarakat
8. Melaksanakan
urusan pengelolaan keuangan .
9. Melakukan
urusan pengelolaan barang perlengkapan
10. Melakukan urusan dinas upacara resmi di
lingkungan fakultas ekonomi &
Bisnis
11. Melaksnakan urusan rumah tangga
fakultas .
12. Melaksanakan persuratan dan kearsipan
Fakultas
13. Mengumpulkan dan mengelola serta
menganalisis data ketatausahaan,
Akademik, dan Kemahasisiwaan.
B. Rincian Tugas
Bagian Pendidikan
1. Menghimpun dan mengkaji
peraturan perundang undangan di Bidang
akademik
2. Menyusun rencana dan program kerja sub
bagian dan mempersiapkan
Penyusunan rencana dan program masyarakat
3.
Melakukan penyusunan jadwal kuliah,praktikum, dan pelaksanakan ujian
4. Mengumpulkan, mengelola , dan menganalisis
data dibidang pebdidikan
dan pengabdian kepada masyarakat.
5. Melakukan Administrasi perkuliahhan
,praktikum dan pelaksnaan ujian
7. Menghimpun dan mengklafikasikan data
pencapaian target kurikulum .
8.
Melakukan urusan kegiatan pertemuan ilmiah dilingkungan Fakultas
9.
Menyusun laporan sub bagian dan persiapan penyusunan bagian
C. Rincian Tugas Bagian Umum Dan Perlengkapan
1. Menyusun rencana dan program keraja sub
bagian
2. Mengumpulkan ,mengelola,dan menganalisis
data ketatausahaan ,kerumag
Tanggaan , dan perlengkapan.
3. Menghimpun data mengkaji
peraturan-peraturan undang undang dibidang
Ketatausahaan ,kerumah tanggaan dan
perlengkapan.
4. Melakukan pemeliharaan dan kebersihan, ,dan
keamana lingkungan
6. Melakukan urusan penerimaan tamu pimpinan
7. Mempersiapkam sarana pelaksanaan rapat
dinas, upacara danPertemuan
dilingkungan Fakultas.
8. Melakukan urusan pengelola barang
perlengkapan.
9. Melakukan penyusunan instrument kegiatan
ketatausahaan
Dan perlengkapan.
10. Melakukan penyiapan dokumen dan surat di
bidang ketatausahaan
Kerumah tangga’an dan perlengkapan.
11. Meyusun rancangan program pada perlengkapan
12 . Menyusun laporan sub
bagian tata usaha.
D. Rincian Tugas Bagian
Keuangan Dan Kepegawaian
1. Meyusun
rancana dan program kerja
2. Menghimpun
dan mengkaji peraturan perundang-undang di bidang keuangan dan kepegawaiyan
3. Mengumpulkan
penerima peyimpanan, pengeluaran, pembukuan, dan pertanggung jawaban keuangan
4. Melakukan
peneriman peyimpanan, tunjang ikatan dinas, lembur, vakasi perjalanan dinas,
pekerjaan borongan pembelian
5. Mempersiapkan
usulan formasi pegawai
6. Mempersiapkan
usulan mutasi, pengembangan dan kesejahteraan pegawai
7. Mempersiapkan
usulan pengangkatan dosen luar biasa
8. Mempersiapkan
usulan pemberian cuti pegawai
9. Mempersiapkan
usulan pemberi penghargaan pegawai
10. Melakukan
Laporan sub bagian
11.
Melakukan urusan
peyelesain kasus pegawai
E. Rincian Tugas bagian kemahasiswaan
1. Melakukan
penyimpanan dokumen dan surat di bidang kemahasiswaan .
2. Melakukan
penyajian informasi di bidang kemahasiswaan
3. Melakukan
pemantaua’an pelaksaan kegiatan pembina’an kemahasiswa’an
4. Melakukan
pengurusan besiswa,pembinaan karir, dan layanan kesahteraan mahasiswa
5. Melakukan
administrasi kegiatan kemahasiswaan
6. Melakukan
kegiatan persiapan mahasiswa
7. Mempersipkan
usulan pemilihan mahasiswa berprestasi
8. Mengumpulkan,
mengelola dan menganalisis data dibidang kemahasiswa’an dan alumni.
2.1.2.3 Hubungan Kerja dengan Perusahaan lain
Tidak ada karena FEB UNILA adalah sebuah Fakultas pendidikan
lanjutan, dan FEB UNILA subbag cabangan dari Rektorat.Rektorat itu adalah induk
dari Fakultas-Fakultas yang ada di Uiversitas Lampung salah satunya FEB UNILA.
2.1.2.4 Sistem Penerimaan Tenaga Kerja dan Pengajian
Sistem
Penerimaan Tenaga Kerja FEB UNILA
1. Pertama
Mengikuti TES tertulis .
2. Tes
interview atau wawancara yaitu :
-Interview tertulis
-Interview lisan
3. Tes
melalui computer
4. Pengumuman
lewat media cetak lampung post dan lain-lain.
Sistem Pengajian
1.
Melalui
bendahara rektorat UNILA.
2.
Berdasarkan
pangkat dan golongan.
2.1.2.5 Disiplin Kerja dan Proses Kerja
A. Disiplin Kerja
Seluruh karyawan FEB UNILA wajib
mengikuti disiplin kerja yang diatur dengan tata tertib dan tidak boleh
menyimpan atau melanggar dari peraturan
yang telah ditetapkan olrh department pendidikan dan kebudaya’an RI atau
jam kerja yang ditentukan Rektorat UNILA yang telah diterapkan adalah sebagai
berikut :
1. Hari
senin s/d kamis
Masuk Kerja : pukul 07.30 s/d 16.00
WIB
Istirahat :pukul 12.00 s/d 13.00 WIB
2. Hari
jum’at
Masuk kerja : pukul 07.30 s/d 16.00
Setiap hari jum’at sebelum masuk
kerja seluruh pegawai FEB UNILA selalu mengadakan kerja bakti / bersih-bersih
bersama-sama.
3. Hari
sabtu dan minggu serta hari-hari besar lain nya libur.
B. Proses Kerja
Kantor fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Lampung yang
mempunyai garis struktur Horizontal dan Vertikal mempunyai Kegiatan Pada dasar
nya berawal pada kegiatan surat Menyurat yang di datangi oleh subbagian Umum
dan Menggunakan metode arsip dinamis.
C. Proses Surat Masuk
Proses surat masuk yang diterima
oleh subbagian umum lalu digolongkan menjadi surat biasa,penting rahasia
dan surat pribadi untuk diteruskan ke unit-unit lainya.
D. Proses Surat Keluar
Setelah sebuah surat yang diterima subagian umum ke pengolah baik
surat penting maupun surat-surat biasa maka kepala bidang akan memproses sesuai
dengan isi dari surat tersebut petunjuk disposisi kasubbag sedangkan untuk
surat biasa pada umumnya isi atau tidak mengkilat dan tidak memerlukan
tanggapan atau lanjut setelah diketahui oleh subbag masing-masing.
2.2 Program Khusus
A. Pengertian
Jaringan
Pengertian
dari Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat
lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. media
jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga
memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran
informasi, seperti dokumen dan data, dapat juga melakukan pencetakan pada
printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak
yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, ataupun perangkat-perangkat
yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node. Dalam sebuah jaringan
komputer dapat mempunyai dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
Tujuan
dari jaringan komputer adalah:
1
.Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU,
memori, Hardiskk.
2.
Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
3.
Akses informasi: contohnya web browsing
B. Topologi Jaringan
Topologi
jaringan adalah, hal yang menjelaskan
hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node,
link, dan station.
Terdapat
6 jenis topologi yaitu :
1 Bus
2.
Ring
3.
Star
4.
Extended Star
5.
hierarchical topologi
6.
Mes
Setiap
topologi memuliki karakteristik yang berdeda-beda dan masing-masing juga
memiliki keuntungan dan kerugian. Topologi tidak tergantung kepada medianya dan
setiap topologi biasanya menggunakan media sebagai berikut.
1.
Twisted Pair
2.
Coaxial Cable
3.
Optical Cable
4.
Wireless
2.3. Laporan Hasil Praktek
Kegiatan yang saya lakukan selama 3
bulan praktek di FEB UNILA dibagian Umum dan Perlengkapan adalah membantu apa yang dikerjakan dan
dilakukan oleh karyawan umum dan
perlengkapan seperti :
1. Menyusun rencana dan program kerja subbagian
2. Mengumpulkan ,mengelola,dan menganalisis data
ketatausahaan ,
Kerumah Tanggaan , dan
perlengkapan.
3.
Menghimpun data
mengkaji peraturan-peraturan undang undang dibidang
4. Ketatausahaan ,kerumah tanggaan dan
perlengkapan.
5. Melakukan,pemeliharaan kebersihan,keindahan,keamanan
lingkungan
6. Melakukan pemeliharaan ,kebersihan,keindahan,dan
keamanan
dilingkungan
7. Melakukan urusan penerimaan tamu pimpinan
8.
Mempersiapkam,sarana
pelaksanaan rapat dinas, upacara resmi, Ilmiah dilingkungan Fakultas.
9.
Melakukan urusan
pengelola barang perlengkapan.
10. Melakukan,penyusunan
instrument kegiatan ketatausahaan,kerumah
11. Tangga;an
Dan perlengkapan.
12. Melakukan
penyiapan dokumen dan surat di bidang ketatausaha’a
13. Kerumah
tangga;an dan perlengkapan
14. Meyusun
rancangan program pada perlengkapan
15. Menyusun
laporan sub bagian tata usaha.
16. Mengolah
surat masuk dan keluar
17. Mengarsipkan
surat masuk .keluar toefl,penelitian,sk dekan dll
18. Mengecap
surat masuk ,toefel dll
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Praktik industri (PI) merupakan salah satu
pola penyelenggaraan pendidikan sistem ganda (PSG), yang si laksanakan secara
bersama-sama antara Smk dengan industri atau asosiasi profesi sebagai pasangan
kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga tahap akhir rdan sertivikat
yang merupakan satu kesatuan program.Manfaat praktik industri (PI) bagi
penyusun sangat banyak, mendapatkan pengetahuan tentang dunia industri.
Setelah melaksanakan kegitan praktik kerja
industri (PI) penyusun dapat mengetahui bermacam-macam tentang informasi dan
ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan dapat menganalisis secara ekonomis dari
apa yang telah di laksanakan dan di ketahui.Prakerin ini membutuhkan tahapan
dan skala prioritas yang akan menjadi agenda dalam rancangan pendidikan,tahapan
dan skala prioritas yang di tetapkan mencerminkan adanya permasalahan yang
harus di selesaikan ,tanpa mengabaikan masalah lain.Perlu kita pahami
pendidikan adalah suatu usaha yang telah terencana dan tersusun untuk
mewujudkan Susana belajar dan proses pembelajaran, agar peserta didik secara
aktif mengembangkan kompotesi dirinya
Tujua’an siswa-siswi berpendidikan adalah
untuk mengejar cita-cita dan belajar apa yang belum diajarkan oleh orang tua
mereka.dikarenakanitu,pendidikan itu
sangat penting dan untuk menambah wawasan dan untuk mencapai tujua’an tersebut
maka SMK Negeri 1 Meggala melakukan kegiatan yang namanya prakerin ( praktek kerja industri) supaya
siswa-siswi dapat mengetahui seberapa kemampuan dan kompotensi diri mereka
masing-masing dalam keahlian yang mereka pilih menghadapi masa depan yang penuh
persaingan globalisasi (teknologi) yang semakin canggih
3.2. Saran
A. Saran Untuk Sekolah
Sehubungan Dengan Praktik Kerja Industri ( Prakerin ), maka penulis
akan memberi saran yang mungkin dapat di pertimbangkan dan di laksanakan oleh
Pihak Sekolah.
Adapun Saran-saran yang akan penulis
sampaikan :
·
Kepada pihak sekolah
agar lebih memperhatikan siswa yang sedang melaksanakan praktik kerja industry
·
Kepala sekolah agar
mengatur jadwal untuk mengunjungi siswa
yang
Sedang yang melakukan
paraktek kerja industry.
·
Sekolah hendaknya
memberikan penjelasan terlebih dahulu sebelum
Melaksanakan prakerin.
B. Saran Untuk FEB
Sehubungan Dengan Praktik Kerja Idustri (Prakerin), maka penulis
akan memberikan saran yang mungkin dapat di petimbangkan dan dilaksanakan oleh
FEB UNILA.
Adapun Saran-saran yang akan penulis sampaikan :
·
Semoga dengan
berdirinya UNILA membuka kesempatan bagi mahasiswa
Untuk
meningkatkan keahlian masing-masing.
·
Bagi pihak perusahaan
yang dimana tempat siswa-siswi praktik kerja industri hendaknya memberikan
pengarahan dan bimbingan kepada siswa-siswi karena, siswa-siswi masih lagi
dalam proses belajar.dan semoga FEB unila selalu sukses dan visi,misi yang
dituju dapat tercapai.
C. Saran Untuk Adik-Adik
·
Bagi siswa-siswi yang
melaksanakan Praktik harus mampu Bertanggung
Jawab
atas apa yang telah dikerjakan tugas-tugas yang diberikan dan mengikuti seluruh
peraturan yang ada ditempat kerja,jadikanlah semua kegiatan yang pernah
dilakukan dalam praktik menjadi pengalaman kerja.
DAFTAR PUSTAKA
Unila.
2013. Panduan penyelengaraan program
sarjana dan diploma
ekonomi Unila.Universitas
Lampung Bandar Lampung.
Unila. 2013. Panduan Umum Unila.
Universitas Lampung .
Bandar
Lampung.
Panitia
prakerin. 2013. Panduan praktik kerja industry. SMK N 1
Menggala.
Tulang Bawang.
0 komentar:
Posting Komentar